Pondok Pesantren Sahid

Pembukaan Ujian Akhir Semester Madrasah Diniyah Takmiliyah Pondok Pesantren Sahid

Pondok Pesantren Sahid Untuk mengukur kemampuan santri serta mengevaluasi hasil dari pembelajaran selama santri mengikuti kegiatan belajar di Pesantren, maka perlu adanya ujian dan evalusi yang dilaksanakan setiap menjelang akhir semester diadakan ujian.
Pekan pertama bulan Juni 2021 ini menjadi awal dimulainya ujian tersebut. Ada dua ujian yang harus dilalui oleh setiap santri baik yang mukim/tinggal di pesantren ataupun yang masih di rumah. Dua ujian tersebut yaitu ujian akhir semester kepesantrenan atau disebut UAS Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) yang diselenggarakan oleh pihak asrama pondok pesantren sahid dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau nama lainnya Ujian Kenaikan Kelas (UKK) yang diselenggarakan unit sekolah masing-masing sesuai tingkatan. Untuk tahun ini ujian MDT dan PAT sekolah dilaksanakan secara bersamaan namun waktu pelaksanaan yang berbeda, UAS MDT dilaksanakan pada malam hari setelah shalat Isya sementara PAT dilaksanakan di jam sekolah mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Model ujian UAS MDT dan PAT sekolah ini ada dua model yaitu ujian tulis dan ujian praktik. Keduanya dilaksanakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan dari masing-masing santri selama pembelajarannya.

Kepala Asrama Pondok Pesantren Modern Sahid dalam sambutannya ketika membuka ujian kepesantrenan mengatakan “bahwa ujian yang dilaksanakan untuk mengukur masing-masing kemampuan santri, bagi santri yang nanti hasil ujiannya kurang memuaskan, maka ia harus lebih rajin dan giat lagi dalam belajarnya, bagi yang hasilnya sudah memuaskan maka ia dituntut untuk bisa mempertahankan prestasinya karena mempertahankan itu lebih berat dari pada merebut. Maka setiap santri harus bisa mengukur dirinya masing-masing dengan ujian tersebut agar tidak mengalami kerugian dan penyesalan di kemudian hari. Sebagaimana syair Arab mengatakan :
هلك امرء من لم يعرف قدره
Artinya :”Celakalah manusia, bila ia tidak mengukur (kemampuan) dirinya”.tegas Kepala Asrama dalam sambutannya.

Dengan mengucapkan lafadz bismillah ujian Madrasah Diniyah Takmiliyah Semester Genap TP 2020/2021 dibuka oleh Kepala Asrama disaksikan oleh murabbi/yah dan seluruh santri peserta ujian.

#UjianPesantren
#UjianMDT
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *