Kolinlamil TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim Di Ponpes Modern Sahid Bogor.

Serbuan Vaksinasi Maritim – Untuk mewujudkan pondok pesantren bebas Covid-19 dan terciptanya herd immunity di lingkungan pesantren. Pondok Pesantren Modern Sahid bekerja sama dengan Mabes TNI AL menggelar serbuan vaksin tahap ke-2 pada tanggal 23 September setelah sebelumnya digelar serbuan vaksin tahap pertama di bulan Agustus tepatnya pada tanggal 25. Serbuan vaksin tahap kedua ini diberi nama dengan “Serbuan Vaksinasi Maritim” karena penyelenggaranya adalah dari Kolinlamil (Komando Lintas Laut Militer) TNI AL. Kolinlamil adalah salah satu Komando Utama TNI Angkatan Laut. Komando ini bermarkas besar di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kolinlamil dibentuk sejak tanggal 1 Juli 1961 dengan nama Djawatan Angkutan Laut Militer dengan moto Satya Wira Jala Dharma. Saat ini Kolinlamil dipimpin oleh seorang panglima bintang dua yaitu Laksmana Muda TNI Erwin S. Aldedharma, SE.,M.M, M.Sc.

Jalannya kegiatan serbuan vaksinasi maritim

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB. dengan diawali peserta dari santri putri tingkat MTs dengan masuk bergantian sesuai absensi kelas. Tepat pukul 08.30 Panglima Kolinlamil Laksamana Muda (Laksda) TNI Erwin S. Aldedharma bersama Ketua Umum Yayasan Wakaf Sahid Husnul Khatimah Bpk Dr. Ir. H. Hariyadi B. Sukamdani, MM membuka secara resmi serbuan vaksinasi maritim didepan para peserta vaksinasi dari para santri dan guru yang hadir. Untuk kegiatan Serbuan Vaksinasi Maritim ini, Kolinlamil menyediakan 1.500 dosis vaksin yang terdiri dari 1.000 Sinovac dan 500 Pfizer dari Dinas Kesehatan Kab. Bogor dalam hal ini Puskesmas Cibening Pamijahan. Selain itu, menurut Panglima Kolinlamil, pihaknya menyiapkan tenaga kesehatan terbaiknya dari Diskes Kolinlamil dibantu oleh para tenaga kesehatan dari Puskesmas Cibening untuk mensukseskan kegiatan ini, tutur Panglima Kolinlami Laksda. TNI Erwin S. Aldedharma disela-sela meninjau kegiatan tersebut.

Tepat pukul 10.00, vaksinasi bagi seluruh santri, guru, ustadz/zah dan karyawan Pesantren Modern Sahid selesai baik dosis 1 dan 2, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi bagi warga masyarakat sekitar di Kecamatan Pamijahan. Ketua Umum Yayasan Wakaf Sahid Husnul Khatimah Bapak. Dr, Ir. Hariyadi B. Sukamdani yang turut ikut serta mendampingi Bapak Pangkolinlamil meninjau kegiatan vasksinasi di sela-sela kesibukannya senagai Ketua Umum APINDO dan Ketua Umum PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) beliau menyatakan sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi program serbuan vaskinasi dari Kolinlami ini khususnya bagi santri. Karena para santri yang sudah menjalankan KBM tatap muka (luring) tentunya masih rentan dengan terpapar Covid-19 walapun lingkungan pesantren di lockdown. Namun dengan adanya vaksinasi ini diharapkan meminimalisir kekhawatiran penularan Covid-19 di lingkungan pesantren. Sambungnya lagi.

Di sela-sela kegiatan vaksinasi, Ketua Panitia Serbuan Vaksinasi Maritim Kolinlamil dari Pesantren Modern Sahid ustad Jahidi mengatakan bahwa untuk meningfkatkan wawasan dan pengenalan terkait matra TNI AL, Kolinlamil TNI AL memberikan seminar dan pengenalan wawasan kemaritiman khususnya terkait tugas utama TNI Angkatan Laut dalam hal ini Kolinalmil untuk seluruh santri yang dilakukan waktunya bersamaan dengan vaksinasi. Para santri dan ustadz/zah yang mendampingi sangat antusias atas pemaparan materi tentang kemaritiman karena pemateri bisa menyegarkan suasana dan banyak memutar video tentang sepak terjang Kolinlamil TNI AL dengan alutsista yang sudah modern dalam menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perairan Indonesia yang sangat luas.

“alhamdulilah, antusias santri terlihat ketika menyaksikan seminar ini, mudah-mudahan, dengan seminar ini diharapkan seluruh santri mengenal kembali wawasan tentang kemaritiman dan ada nanti dari santri yang menerusakan jejak para tentara dari TNI AL menjadi prajurit-prajurit TNI AL yang siap menjaga kedaulatan wilayah laut NKRI” tegas Pimpinan Ponpes Modern Sahid saat ditanya admin.

Rombongan Kolinlamil menyempatkan ziarah ke makam Pendiri dan Pembina Yayasan almarhum Bapak Prof. DR. KPH, Sukamdani Sahid Gitosardjono dan almarhumah Ibu Hj. KRA. Juliah Sukamdani yang makamya bersebelahan dengan suami tercinta di komplek pemakaman Argo Menep. Didampingi Ketua Umum Yayasan, rombongan perwira dari Kolimnlamil menghaturkan tahlil  dan doa. Kemudian rombongan dari Kolinlamil diajak kelililing kawasan menuju tempat-tempat unit usaha di bawah naungan yayasan diantaranya, ke peternakan rusa, peternakan lele, Green House Garden, Adiroso Guess House dan lain-lain.

Tepat pukul 14.30, kegiatan vaskinasi selesai dan ditutup langsung oleh Pimpinan Ponpes Modern Sahid ustad Muhammad Luqman, S.Pd.I didampingi oleh Kadiskes Kolinlamil Bapak Lekol TNI dr, Slamet Raharjo dan Kepala Puskesmas Cibening dr. Prambudi Arie Setioaji.

Semoga dengan rangkaian kegiatan serbuan vaksinasi tahap 1 dan 2 yang sudah diselenggarakan di Ponpes Modern Sahid ini, herd Immunity segera terwujud dan para santri serta seluruh warga Pesantren Modern Sahid terlindungi dari Covid-19, bisa belajar tenang, aman dan nyaman dan orang tua tidak ada kekhawatiran. Tutur Pimpinan Ponpes Modern Sahid. (Ujay13)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *